Sambut Mahasiswa Baru, Dosen dan HMP PGMI Gelar Silaturrahmi Akademik Dan Pengenalan Angkatan PGMI 2023

Bojonegoro – Himpunan Mahasiswa Program Studi dan Jajaran Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri menggelar kegiatan SAPA PGMI atau silaturrahmi akademik dan pengenalan angkatan PGMI 2023 selama dua hari, yakni hari pertama diadakan di ruang auditorium Hasyim Asy’ari Gd. Rektorat UNUGIRI dan hari kedua di wisata Growgoland Dander pada Jum’at – Sabtu (15/09/2023 – 16/09/2023).

Pada hari pertama, kegiatan ini difasilitatori oleh para dosen PGMI, Yakni M. Romadlon Habibullah, M. Pd. I dan Midya Yuli Amreta, M.Pd., dengan materi pengenalan akademik Prodi PGMI, Firda Zakiyatur Rofiah, M. Pd. dan Zumrotus Sa’diyah, M.Pd.I dengan materi Aswaja, serta Suttrisno, M.Pd. dan Nurul Mahruzah Yulia, M.Pd. dengan materi Academic Writing. Sementara hari kedua, kegiatan dilakukan di wisata pemandian Growgoland Dander dengan outbond yang menarik yang dipandu oleh pengurus HMP PGMI.

Dalam sambutannya, Bapak M. Romadlon Habibullah M. Pd. I sebagai Ketua Prodi PGMI menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada mahasiswa baru terkait PGMI. hal ini dilakukan agar mahasiswa PGMI tidak kehilangan arah, atau bahkan tersesat dalam mengikuti perkuliahan.

“kegiatan ini khusus dirancang untuk kalian, agar kalian memiliki gambaran terkait Ke-PGMI-an, serta agar kalian dapat belajar menulis dengan baik dan benar. Karena target kita walaupun hanya makalah, tulisan itu tidak hanya sekedar dibaca dosen PGMI UNUGIRI dan dibaca penulis sendiri, namun tulisan itu siap dipublish dan dibaca oleh orang di seluruh dunia, melalui kegiatan Academic Writing.”

Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, M. Jauharul Ma’arif M.Pd.I, yang juga turut hadir dalam acara tersebut, memberikan apresiasi terhadap kegiatan positif dalam menyambut Mahasiswa Baru PGMI, agar mahasiswa dapat lebih aktif dan berkontribusi pada kampus.

“PGMI adalah PGSD yang ada point plusnya, karena di dalam PGMI kita diajarkan agama lebih mendalam.” Ujar Gus Arif, Panggilan Akrab M. Jauharul Ma’arif, M. Pd. I selaku rektor UNUGIRI.

Beliau juga berpesan, agar mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan seksama. khususnya pada materi Academic Writing, karena penulisan menjadi salah satu problem yang serius di Perguruan Tinggi, “dengan adanya pelatihan academic writing mahasiswa PGMI diharapkan mempunyai kemampuan menulis terutama di bidang akademik”, Tambahnya.

Dalam kegiatan ini terdapat 72 peserta yang turut berpartisipasi dari Mahasiswa Baru dan 65 Mahasiswa dari semester 3. Peserta tidak hanya menghadiri kegiatan ini selama dua hari, namun mereka juga diberikan tugas menghafalkan mars PGMI UNUGIRI dengan diunggah di instagram yang menjadi syarat untuk memperoleh sertifikat kegiatan SAPA PGMI. {Alvia-PGMI}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *