Tingkatkan Keterampilan Mahasiswa, Prodi PGMI UNUGIRI Berikan Pelatihan Tata Rias

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, berikan pelatihan tata rias tahun 2023. Pelatihan tersebut bertempat di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bojonegoro, selama 6 hari.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 kloter, dengan kloter pertama dan kedua selama 3 hari. Terhitung kloter pertama, dimulai dari tanggal 23-25 Juni 2023. Dan untuk kloter kedua, terhitung mulai tanggal 2-4 Juli 2023.

Turut hadir dalam penutupan acara tersebut, M. Romadlon Habibullah, M.Pd selaku Kaprodi PGMI beserta jajaran para dosen Prodi PGMI. Joko Parikesit, selaku Pelatih Pelatihan tata rias. Dan turut hadir juga Widi Dwi Ariyanti, selaku Kepala Seksi Pelatihan dan Sertifikasi Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bojonegoro, Beserta jajarannya.

M. Romadlon Habibullah M.Pd, selaku Kepala Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri menyampaikan bahwasanya tujuan dari adanya pelatihan tersebut, tentunya adalah untuk meningkatkan keterampilan para mahasiswa PGMI UNUGIRI khususnya semester 6. Agar bisa berguna nantinya ketika terjun ke masyarakat.

“Tentunya kami dari Prodi PGMI UNUGIRI, memiliki tujuan mengapa mengambil pelatihan tata rias ini untuk mahasiswa kami. Melihat dari kegiatan di tahun sebelumnya yang kami ambil, dirasa kurang mumpuni untuk saat ini. Jadi, kami mengambil motivasi terbaru dengan mengadakan pelatihan tata rias ini. Semoga pelatihan ini bisa mewujudkan tujuan dari prodi PGMI UNUGIRI untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam bidang tata rias, sehingga bisa bermanfaat bagi mahasiswa PGMI khususnya semester 6, ketika nanti terjun ke masyarakat. Melihat sebentar lagi, mahasiswa PGMI UNUGIRI semester 6 akan melaksanakan KKN.” Ungkapnya

Selain itu, Widi Dwi Ariyanti selaku Kepala Seksi Pelatihan dan Sertifikasi Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bojonegoro, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwasanya tata rias itu sangat penting untuk saat ini. Hampir semua kegiatan, membutuhkan tata rias. Tentunya mahasiswa PGMI UNUGIRI, yang notabene kedepannya akan menjadi seorang pendidik pasti membutuhkan tata rias untuk berbagai macam acara peserta didiknya.

“Saya sangat mengapresiasi kerjasama, dari prodi PGMI UNUGIRI dengan BLK. Sebelumnya saya berpikir kerjasama tersebut mengambil pelatihan menjahit, ternyata setelah saya telusuri kerjasama tersebut mengambil pelatihan tata rias. Tetapi memang saat ini tata rias atau yang biasa kita sebut MUA (Make Up Artists) itu sangat penting. Apalagi, mahasiswa PGMI UNUGIRI ini kedepannya adalah calon pendidik. Tentunya dengan memiliki keterampilan tersebut, mereka akan lebih dibutuhkan oleh sekolah-sekolah yang ada. Karena saat ini tiap ada event, pasti pihak sekolah membutuhkan MUA untuk peserta didiknya.” Ujarnya

Kegiatan tersebut ditutup dengan penyampaian Pesan dan Kesan dari perwakilan mahasiswa pelatihan, yang diwakilkan oleh Siti Nur Kholifah selaku mahasiswa Prodi PGMI semester 6. Siti Nur Kholifah menyampaikan, bahwasanya pelatihan ini begitu luar biasa sekali. Mulai dari awal kami diajari bagaimana cara make up yang sesuai dengan tahapan-tahapannya, agar hasil yang didapatkan tentunya lebih memuaskan.

“Saya mewakili teman-teman pelatihan mengucapkan banyak terima kasih, kepada prodi PGMI UNUGIRI dan BLK Kabupaten Bojonegoro yang telah mengadakan pelatihan tersebut untuk kami. Kami juga mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak Balai Latihan Kerja Kabupaten Bojonegoro, terkhusus kepada pelatih kami yang telah dengan sabar mengajari kami. Jujur, pelatihan ini sangat luar biasa sekali bagi kami yang kedepannya menjadi seorang pendidik. Mulai hari pertama, kami diajari bagaimana cara make up yang sesuai dengan tahapan-tahapannya. Sehingga hasil yang didapatkan lebih memuaskan.” Tuturnya

Penutupan tersebut berjalan dengan lancar dimulai pukul 15.00-16.00 WIB, yang bertempat di Aula Balai Latihan Kerja Kabupaten Bojonegoro. Pada hari Selasa (4/7/2023). Dan seluruh peserta pelatihan, dinyatakan lulus tersertifikasi. Dan telah mampu untuk menjadi seorang MUA kedepannya.

Penulis : Durrotun Nafisah PGMI7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *